5 Cara Merawat Otak Agar Tetap Sehat - Kirius Ilmu

5 Cara Merawat Otak Agar Tetap Sehat

5 Cara Merawat Otak Agar Tetap Sehat


Siapa yang tidak pernah menggunakan otaknya Coba angkat tangan! Tidak ada manusia di dunia ini yang tidak pernah menggunakan otaknya dalam aktivitas sehari-hari. Walaupun kita berpikir bahwa ada kalanya kita tidak pernah berpikir tetapi otak tetap bekerja tanpa kita sadari. Seperti dalam perjalanan kita berpikir bahwa hanya laki-laki saja yang bekerja tetapi nyatanya otak lah yang mengatur semua gerakan itu. Itu adalah salah satu contoh betapa pentingnya dan betapa seringnya kita menggunakan otak. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan untuk menjaga otak agar kinerja nya masih stabil.
Dan inilah beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan otak :

1. Memakan makanan yang baik bagi otak

Organ tubuh dan pastinya perlu asupan nutrisi agar dapat menjalankan aktivitas sesuai dengan kehendak yang kita mau. Dan itu juga termasuk dengan otak. Otak setidaknya memakai 20% dari semua asupan kalori kita. Oleh karena itu perlu asupan makanan khususnya makanan yang baik untuk otak. Yang baik untuk otak makanan yang baik untuk otak adalah beberapa makanan yang mengandung antioksidan seperti sayur-sayuran buah-buahan dan kacang-kacangan serta mengandung kebutuhan asam lemak omega 3 yang cukup seperti beberapa ikan.

2. Banyak minum air putih sedikit minum minuman kemasan


Bukan hanya untuk otak, tetapi juga sebenarnya berperan sangat penting bagi tubuh kita karena kita tahu sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Dalam otak sendiri air sebaiknya diminum sesuai dengan anjuran agar daya fokus dan konsentrasi tetap terjaga. Untuk minuman khususnya minuman dengan pemanis buatan justru akan mempercepat rusaknya metabolisme. Boleh minum tapi dengan batas yang wajar.

3. Olahraga fisik dan olahraga otak 


Olahraga bukan hanya sehat bagi tubuh secara keseluruhan tetapi juga itu berpengaruh terhadap kesehatan otak. dengan berolahraga beberapa manfaat yang didapat seperti tekanan darah berkurang kolesterol jahat berkurang terhindar dari stres serta membantu mengantarkan darah yang kaya oksigen ke dalam otak.
Bukan hanya olahraga fisik saja tetapi melatih otak juga diperlukan untuk menjaga kesehatan otak seperti bermain permainan yang mengasah otak contohnya adalah catur teka-teki silang dan permainan lainnya. Selain itu membaca belajar dan mengisi soalnya juga diperlukan untuk melatih daya ingat dan efektivitas otak.

4. Penuhi beberapa gizi otak 

Sebenarnya materinya sudah dijelaskan pada nomor pertama Yani kandungan gizi seperti omega 3 harus dipenuhi tetapi selain omega-3 Kalian juga harus memenuhi beberapa gizi lain seperti zat besi dari vitamin B12 jika kalian kekurangan zat besi kalian bisa memenuhinya dengan daging merah atau kerang.

1 komentar