Listrik Statis Kelas 12 Part1 - Pengenalan Listrik Statis Dan Muatan Listrik - Kirius Ilmu

Listrik Statis Kelas 12 Part1 - Pengenalan Listrik Statis Dan Muatan Listrik

Listrik Statis Kelas 12 Part1 - Pengenalan Listrik Statis Dan Muatan Listrik

SUB - BAB LISTRIK STATIS

  • Hukum Coulumb
  • Medah Listrik
  • Hukum Gauss
  • Potensial istrik
  • Energi Potensial Listrik
    1. Usaha Untuk Memindahkan Muatan
    2. Medan Dan Potensial Listrik Untuk Beberapa Keadaan
  • Energi Lsitrik
  • Kapasitor

Pengertian Listrik Statis

Listrik Statis
Apa yang dimaksud dengan listrik statis? Listrik statis adalah kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang diam atau tidak mengalir.
Contoh fenomena Listrik statis adalah ketika penggaris yang sudah digosokkan dengan kain wol didekatkan dengan serpihan kertas, ketika didekatkan maka serpihan kertas tertarik oleh penggaris.Itu terjadi karena penggaris yang tadinya bermuatan netral menjadi bermuatan negatif.

Untuk lebih jelasnya Simak penjelasan di bawah.

Muatan listrik 

Segala sesuatu pasti  tersusun atas partikel-partikel kecil yang dinamakan atom.  Atom tersusun atas tiga partikel yaitu neutron, proton dan elektron. Proton dan neutron terletak di inti atom sedangkan elektron terdapat di kulit atom. Karena elektron terdapat di kulit atom, maka elektron bisa saja berpindah dan membuat suatu atom bermuatan.
  • Proton adalah partikel bermuatan positif
  • Neutron adalah partikel bermuatan Netral
  • Elektron adalah partikel bermuatan negatif
Pada dasarnya segala sesuatu termasuk tubuh kita bermuatan Netral.  Ketika benda bermuatan netral maka jumlah muatan negatif dan jumlah muatan positif nya sama.  Namun akibat beberapa interaksi tertentu, seperti bergesekan atau yang lainnya, ada kemungkinan muatan negatif nya bertambah atau berkurang.

Mengapa muatan negatif bisa bertambah dan berkurang? Tadi disebutkan bukan bahwa elektron bisa saja berpindah, membuat atom bermuatan. Karena semua benda tersusun atas atom-atom, maka ketika atom itu menjadi bermuatan benda tersebut juga akan ikut bermuatan.
Intinya
  • Jika muatan negatif bertambah membuat suatu benda memiliki jumlah muatan negatif lebih banyak daripada jumlah muatan positifnya maka benda tersebut akan bermuatan negatif
  • Sebaliknya jika muatan negatifnya berkurang sehingga membuat suatu benda memiliki jumlah muatan  positif lebih banyak dari daripada jumlah muatan negatif maka benda tersebut akan bermuatan positif 

Interaksi Antar Muatan

Jika ada suatu benda yang bermuatan di dekatkan dengan muatan lainnya maka akan ada beberapa interaksi tertentu terjadi, yaitu.
  • Jika muatan yang berbeda jenis saling berdekatan, maka muatan akan saling tarik menarik. Maksudnya ketika muatan negatif di dekatkan dengan muatan positif, maka muatan tersebut akan saling tarik-menarik.
  • Sebaliknya, jika muatan sejenis saling berdekatan, maka akan terjadi interaksi tolak menolak. Maksudnya ketika muatan negatif di dekatkan dengan muatan negatif atau muatan positif di dekatkan dengan muatan positif maka muatan tersebut akan saling tolak menolak.
Selain itu, ada juga beberapa kecenderungan suatu benda bermuatan untuk menetralkan muatannya.

Fenomena Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari - Hari

1. Penggaris yang Sudah Digosokan Dengan kain Wol Dapat Menarik Serpihan Kertas
Ketika Penggaris yang sudah digosokkan dengan kain wol didekatkan dengan serpihan kertas maka serpihan kertas akan tertarik. itu terjadi karena penggaris menerima sejumlah elektron dari kain wol  yang menyebabkan  benda seperti  serpihan kertas karena perbedaan muatan.

2. Proses terjadinya petir
Pada musim hujan otomatis akan banyak awan yang berkumpul. Ketika itu terjadi,  awan yang bergerak terus menerus secara teratur memiliki kemungkinan besar  untuk berinteraksi bergesekan dengan awan lain. Karena interaksi tersebut muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi atas atau bawah sedangkan muatan positif akan berkumpul pada sisi sebaliknya.

Ketika pembuatan awan dan bumi memiliki perbedaan potensial yang cukup besar maka  negatif elektron akan dibuang dari awan ke bumi  yang udara.  ingat bahwa  water dapat kecenderungan dimana benda yang bermuatan mencoba untuk menetralkan muatan nya.

Jika sudah paham, lajut ke part 2
Klik link di bawah
Part 2 - Hukum Coulumb
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk semua materi kimia kelas 12 ada di : https://kirius.bitrix24.site/fisika/
Subcribe : Channel Youtube
Follow : Instagram @Kirius_sirius 

Please write your comments