Gotong Royong dalam Segala Situasi: Bersama Kita Bisa, Bersatu Kita Maju - Kirius Ilmu

Gotong Royong dalam Segala Situasi: Bersama Kita Bisa, Bersatu Kita Maju

Gotong Royong dalam Segala Situasi: Bersama Kita Bisa, Bersatu Kita Maju

Banyak orang yang menganggap bahwa Covid–19 hanya dapat diatasi dengan vaksin saja. Itu mungkin memang benar, tetapi terciptanya vaksin yang 100% aman bagi manusia perlu banyak waktu. Dan selagi mencari vaksin, pendidikan dan perekonomian harus tetap berjalan. Lalu, bagaimana cara kita tetap bisa menjalankan pendidikan dengan baik? Bagaimana cara kita tetap bisa terus produktif? Atau bagaimana cara kita, agar setidaknya bisa berpartisipasi memperbaiki situasi saat ini?

Senangnya, jawaban itu saya temukan ketika saya menonton kegiatan“Webinar Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”, khususnya video pada pembukaan setiap kegiatan webinar, dan isi materi pada episode 8 atau seri ke-III.

Jawabannya sederhana, itu adalah Pancasila. Pancasila yang mengatakan bahwa kita harus bersatu dan kita harus bersama. Mengapa itu jawabannya?

Karena jika kita bersatu, kita bisa maju.

Apanya yang maju? Maju dalam pendidikan dan perbaikan situasi saat ini.

Dari webinar yang saya tonton, saya sekarang mengetahui bahwa banyak faktor yang dapat membuat pendidikan berjalan dengan baik pada kondisi yang penuh tantangan ini. Itu adalah orang tua, pemerintah, pelajar, kesadaran tiap individu, perangkat pendidikan, guru, sekolah, kurikulum, akses informasi, dan masih banyak lagi.

Mereka memerankan peran sesuai perannya masing-masing. Dan seberapa kecil perannya, itu tetap penting. Seberapa besar perannya, itu memang penting.     Oleh karena itu, setiap peran harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Saat pemerintah menjalankan fungsinya dengan baik, masyarakat menjalankan setiap kebijakan pemerintah dengan baik, guru mengajar dengan efektif dan setiap komponen menjalankan perannya dengan penuh tanggung jawab. Itulah persatuan yang kita butuhkan.

Lalu, terdapat banyak masalah ketika kita ingin bersatu. Bagaimana cara mengatasinya?
Atasi semua itu bersama-sama.
Mengapa itu jawabannya?

Karena jika kita bersama, kita pasti bisa.

Apanya yang bisa? Kita bisa mengatasi semua situasi, kondisi, dan masalah yang ada saat ini.


Dari webinar yang saya tonton, saya sekarang mengetahui bahwa berbagai pihak terkait telah berupaya mengatasi masalah yang ada. Tapi, itu tidak cukup hanya dengan beberapa pihak saja. Perlu kesadaran dan partisipasi masyarakat, pelajar, guru, orang tua, dan banyak pihak lainnya untuk mengatasi setiap masalah yang ada.

Jika kita bersama-sama, bergotong royong, bertanggung jawab, menaati setiap kebijakan pemerintah, membantu mereka yang membutuhkan, dan menolong mereka yang butuh pertolongan hasilnya semua masalah yang ada akan sedikit demi sedikit teratasi, sedikit demi sedikit hingga akhirnya semua masalah dapat teratasi.

Kita harus mencari tahu apa kelebihan kita kemudian membagikannya. Kita harus mengetahui apa kekurangan kita kemudian memperbaikinya. Bahkan di rumah, kita tetap bisa melakukannya.

Garis Besarnya
Akhirnya, saat kita bersama dan kita bersatu, kita bisa melihat bahwa Covid-19 bukan hanya bencana. Tapi, itu juga adalah tes bagi persatuan kita.

Ketika kita berhasil menyelesaikannya, kita akan semakin berkembang dan semakin maju. Oleh karena itu, cobalah hal-hal baru, belajarlah memanfaatkan teknologi dengan baik, belajarlah bertanggung jawab, dan perbaikilah hal yang harus diperbaiki.

Jadi, “Webinar Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19” ini, telah membuka mata saya bahwa situasi ini bukan situasi ketidakberdayaan, tetapi situasi ini adalah situasi untukku, untuk kita, bersama – sama, kita bisa, bersatu untuk #indonesiamaju.
---------------------------------------------------------------------------------------------------
#CerdasBerkarakter
#BlogBerkarakter
#SeruBelajarKebiasaanBaru
#BahagiaBelajardiRumah
Please write your comments