Inilah Cara Generasi Z Merayakan Hari Sumpah Pemuda: Di Tengah Pandemi, Digital Adalah Solusi - Kirius Ilmu

Inilah Cara Generasi Z Merayakan Hari Sumpah Pemuda: Di Tengah Pandemi, Digital Adalah Solusi

Inilah Cara Generasi Z Merayakan Hari Sumpah Pemuda: Di Tengah Pandemi, Digital Adalah Solusi

Poster Hari Sumpah Pemuda @Kirius_Sirius (Kirius Ilmu) 
Kalian tahu, Sumpah Pemuda itu bukan hanya tentang hari, bukan hanya tentang peringatan, bukan hanya tentang kongres, dan bukan hanya tentang ikrar. Akan tetapi, itu juga tentang perjuangan, persatuan, kerja keras, dan kebersamaan untuk mencapai sebuah tujuan.

Momen terciptanya Sumpah Pemuda sangat penting sampai - sampai terus diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Normalnya, mungkin kebanyakan orang akan melaksanakan upacara, pergi ke Museum, atau membuat suatu acara.

Namun, kita tahu bahwa sekarang, sulit untuk melakukan semua itu karena adanya pandemi.

Jadi, apa kita tidak bisa merayakan hari Sumpah Pemuda? Tentu saja tetap bisa.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Tengah Pandemi, Digital adalah Solusi

Memanfaatkan era digital, inilah cara kami (Pemuda Generasi Z) merayakan hari Sumpah Pemuda. Tidak ada alasan untuk kami tidak merayakan hari Sumpah Pemuda karena teknologi bisa menjadi solusi.

Bagi kami (Pemuda Generasi Z) hari Sumpah Pemuda bukan hanya bisa dirayakan dengan melaksanakan upacara, pergi ke Museum, atau membuat suatu acara. Akan tetapi, itu juga bisa dirayakan dengan membuat sebuah karya atau melakukan kegiatan positif lainnya. Dan era digital telah membuka peluang untuk melakukan semua itu.

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa cara kami (Pemuda Generasi Z) merayakan hari Sumpah Pemuda :

1. Menerapkan Protokol Kesehatan dan Tetap Tinggal di Rumah

Beberapa Protokol Kesehatan
Kami menganggap bahwa menerapkan protokol kesehatan dan tetap tinggal di rumah adalah prioritas. Ini seperti tidak ada hubungannya dengan hari Sumpah Pemuda, tetapi sebenarnya ini sangat berhubungan.

Ingat, hari Sumpah Pemuda adalah bentuk dari perjuangan dan persatuan. Artinya kita perlu berjuang dan bersatu untuk melawan musuh kita saat ini, yaitu pandemi. Kita bisa kokoh bersatu jika kita bertanggungjawab pada apa yang kita perankan dan apa yang kita pertanggungjawabkan.

Peran semua orang adalah untuk menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, sebagian besar orang juga memiliki peran untuk tetap tinggal di rumah.

Oleh karena itu, rayakanlah hari Sumpah Pemuda dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan tetap tinggal di rumah. Karena menurut kami, itu adalah bagian dari Sumpah Pemuda.

2. Membuat Karya apapun yang Bisa Dibuat

Beberapa karya yang bisa dibuat
Jika kita tetap tinggal di rumah, bagaimana cara kita merayakan hari sumpah pemuda? Buatlah karya untuk merayakan hari sumpah pemuda.

Kami (Pemuda Generasi Z) tetap bisa membuat karya meskipun di tengah pandemi. Seperti yang dikatakan sebelumnya, digital adalah solusi. Artinya kita mampu membuat karya apapun dengan teknologi yang ada saat ini. 

Bagaimana cara membuatnya? Lakukan 3 langkah "Kami" ini :

Kami Belajar

Belajarlah menggunakan berbagai alat, teknologi, aplikasi, web, atau tempat apapun yang bisa membantu kalian membuat sebuah karya. Ada banyak.

Jika kalian mempunyai Smartphone, kalian bisa belajar menggunakan Canva, Picsart, KineMaster atau aplikasi bantuan lainnya. Kalian juga bisa belajar untuk memanfaatkan media sosial atau bahkan kamera Hp sendiri untuk membuat sebuah video atau gambar yang bagus.

Jika kalian mempunyai laptop atau komputer, kalian bisa belajarlah menggunakan Photoshop, Adobe Illustrator, Filmora, Blogger, Wordpress dan apapun yang bisa membantu kalian membuat sebuah karya.

Jika kalian mau belajar, mau mencari, dan mau memulai, kalian bisa membuat karya apapun yang kalian inginkan.

Kami Membuat

Buatlah karya dari hasil belajar itu. Ada banyak karya yang bisa kita buat. Kita bisa menulis, membuat poster, infografis, blog, video, film, dan masih banyak lagi yang bisa kita buat. Khususnya membuat karya untuk merayakan hari sumpah pemuda.

Kami Menyampaikan

Sampaikanlah makna dari Sumpah Pemuda dengan karya tersebut. Manfaatkan sosial media untuk menyampaikannya. Karena sebenarnya, jarak bukan lagi halangan bagi kita untuk merayakan hari sumpah Pemuda.

3. Melakukan apapun yang Bisa Dilakukan

Beberapa hal yang bisa dilakukan
Kami (Pemuda Generasi Z) akan melakukan apapun yang bisa dilakukan untuk merayakan hari Sumpah Pemuda. Ada banyak hal. 

Jika Sumpah Pemuda artinya persatuan, maka kita bisa berdonasi, membagikan ilmu, dan yang lainnya. Jika Sumpah Pemuda artinya perjuangan, maka kita bisa mengikuti lomba, melatih skill, mengikuti Webinar dan masih banyak lagi. Jika Sumpah Pemuda artinya kerja keras, maka kita bisa belajar, berlatih, dan masih banyak lagi. Jika Sumpah Pemuda artinya kebersamaan, maka kita bisa menjadi relawan, membantu mereka yang membutuhkan, dan masih banyak lagi.
Ada beragam bentuk dan makna dari Sumpah Pemuda. Itu tergantung dari cara kita melihat dan cara kita memaknainya. 

Tidak ada yang berubah jika kita terus mengeluh dan bersedih, yang perlu kita lakukan hanyalah melakukan sesuatu yang bisa dilakukan.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sumpah Pemuda mungkin banyak dikenal sebagai sebuah ikrar. Maka dari itu, kami (Pemuda Generasi Z) juga merayakan hari Sumpah Pemuda dengan cara mengambil makna dari ikrar itu sendiri.
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia
Ikrar Pertama
Dulu, orang orang-orang rela mengorbankan darahnya, jiwanya, raganya demi satu tujuan, kemerdekaan tanah air Indonesia. Saat ini, kita sudah merdeka, tetapi saat ini, ada sesuatu yang sama, kita mempunyai satu tujuan juga, kemerdekaan tanah air Indonesia dari Corona.

Jika kemerdekaan Indonesia bisa diwujudkan dengan pengorbanan, maka kami menganggap bahwa kita juga perlu berkorban untuk mewujudkan kemerdekaan yang kita harapkan saat ini.

Oleh karena itu, untuk merayakan hari Sumpah Pemuda, sebaiknya korbankan egomu untuk berkumpul dan bermain di luar rumah, korbankan keegoisanmu untuk tidak mematuhi protokol kesehatan, korbankan apa yang kamu punya untuk membantu saudara kita, korbankan apa yang kamu bisa untuk mencapai tujuan kita.
Kami Putra Putri Indonesia Berbangsa yang Satu Bangsa Indonesia
Ikrar Kedua
Dulu, para pemuda Indonesia bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Mereka mengaku bahwa mereka itu "Satu Bangsa" yaitu bangsa Indonesia.

Jika kemerdekaan dapat diraih dengan persatuan, maka kami menganggap bahwa kita juga perlu bersatu untuk mencapai tujuan kita.

Oleh karena itu, untuk merayakan hari Sumpah Pemuda bersatulah dengan menolong mereka yang membutuhkan pertolongan, bersatulah dengan membantu mereka yang membutuhkan bantuan, dan bersatulah untuk menghormati mereka yang sudah berjuang melawan Corona. Bergotong-royonglah disegala situasi, maka kita akan menemukan solusi.
Kami Putra Putri Indonesia Berbahasa yang Satu Bahasa Indonesia
Ikrar Ketiga
Mungkin Ikrar ketiga juga melambang kan persatuan, tetapi ada juga bentuk penyampaian di dalamnya.

Kami menganggap bahwa penyampaian yang baik dengan menggunakan media yang tepat bisa membantu kita dalam mencapai tujuan bersama.

Oleh karena itu, sampaikanlah makna dari Sumpah Pemuda menggunakan berbagai hal yang tidak melanggar protokol kesehatan. Ada banyak. 

Kita bisa menggunakan, media sosial, media elektronik, atau media apapun yang bisa kita gunakan pada kondisi saat ini. Sampaikanlah karya yang telah dibuat, hal yang telah dilakukan, dan bentuk atau nilai yang telah didapatkan, kepada mereka, pemuda yang lainnya.
Rangkuman Dalam bentuk Infografis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kesimpulannya, rayakanlah hari sumpah pemuda bukan hanya dengan kata-kata, bukan hanya dengan hura-hura, tetapi dengan sebuah karya, sebuah tindakan, dan sebuah penerapan dari nilai sumpah pemuda.
Karena itu, yang kami (Pemuda Generasi Z) rayakan, pada hari sumpah pemuda di tengah pandemi.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Referensi Tulisan : Pendapat, Pengalaman, dan Pengetahuan Pribadi Dari Sekolah dan Sumber Informasi Lainnya
Referensi Poster/Gambar/Infografis : Membuat Sendiri Menggunakan Aplikasi Canva
Refrensi Gambar/Animasi Mentahan : Tersedia di dalam Aplikasi dan atau dari pngwing.com

Please write your comments