Pentingnya Konferensi Asia - Afrika Di Bandung Bagi Indonesia Dan Negara Di Kawasan Asia - Afrika - Kirius Ilmu

Pentingnya Konferensi Asia - Afrika Di Bandung Bagi Indonesia Dan Negara Di Kawasan Asia - Afrika

Pentingnya Konferensi Asia - Afrika Di Bandung Bagi Indonesia Dan Negara Di Kawasan Asia - Afrika

Persatuan Dunia
Cover

Nama : Usep Saepuloh

Kelas : XII – MIPA 4

Pel : Sejarah

Tugas Kedua

  1. Analisislah arti penting Konferensi Asia Afrika bagi Indonesia !
  2. Analisislah arti penting Konferensi Asia Afrika bagi negara-negara di Kawasan Asia dan Afrika !         

Hasil Analisis

1. Pentinganya Konferensi Asia Afrika bagi Indonesia

Bagi Indonesia Konferensi Asia Afrika sangat penting. Dengan adanya Konferensi Asia Afrika Indonesia :

  • Dapat lebih mudah dalam melakukan pembangunan
  • Dapat lebih terjamin dalam segi keamanan dan pertahanan
  • Lebih baik dalam segi politik dan hukum. Khususnya dalam Politik luar negeri.
  • Menjadi salah satu tombak untuk “melaksanakan ketertiban dunia” yang menjadi tujuan Indonesia dalam Pembukaan UUD 1945.


Penjelasan

Kita tahu bahwa sangat sulit untuk membangun suatu negara hanya dengan mengandalkan produksi dalam negeri saja. Ditambah pada saat itu, Indonesia bisa disebut sebagai negara baru. 

Jadi, untuk membangun negara, sangat penting untuk bekerja sama dengan negara lain. Khususnya dengan negara di Asia dan Afrika yang pada dasarnya memiliki sejarah dan nasib yang sama, yaitu pernah dijajah oleh negara lain.

Dalam segi keamanan dan pertahanan Indonesia dapat lebih terjamin. Itu karena pada poin Dasasila Bandung terdapat banyak kesepakatan dalam segi pertahanan dan keamanan negara. 

Kita tahu bahwa kemerdekaan bukan hanya bisa dipertahankan hanya dengan berperang dan mengorbankan nyawa, tetapi juga dengan memiliki pengaruh, kesepakatan, dan dukungan dari negara lain. Dengan berbagai kesepakatan tersebut Indonesia bisa lebih terjamin dan bisa lebih fokus dalam pembangunan negara.

Dalam hukum dan politik luar negeri, Konferensi Asia Afrika sangat penting. Itu karena dengan diadakannya Konferensi Asia Afrika di Bandung dimana Indonesia menjadi tuan rumah maka itu menjadi tanda bahwa Indonesia diakui dan dipercaya oleh dunia. 

Dukungan negara negara di kawasan Asia – Afrika tentunya sangat berpengaruh dalam bidang hukum dan politik. Dengan pengaruh dari politik Internasional yang baik maka akan lebih kokoh juga Indonesia di Dunia Internasional

Selain semua itu, yang paling penting adalah Indonesia benar-benar telah membuktikan bahwa tujuannya untuk “melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan perdamaian abadi, dan keadilan sosial” benar benar telah menjadi tujuan. Poin deklarasi bisa menjadi tanda, alasan, dasar, atau dukungan bagi negara Indonesia untuk mencapai tujuannya.

2. Pentingnya Konferensi Asia Afrika bagi negara-negara di Kawasan Asia dan Afrika


Konferensi Asia Afrika bukah hanya penting bagi Indonesia, tetapi juga bagi negara di kawasan Asia – Afrika

Selain sama dengan Indonesia, yaitu mendapatkan dukungan dalam segi keamanan, pertahanan, ekonomi, hukum, dan politik. Itu juga memberi dukungan dalam mencapai perdamaian dan kemerdekaan negara-negara di kawasan Asia- Afrika.

Dalam Dasasila Bandung Terdapat beberapa poin untuk Menghormati HAM, Kedaulatan Negara, Hak setiap Bangsa, dan penghormatan lainnya.

Itu semua menjadi dukungan bagi negara-negara di kawasan Asia – Afrika untuk merdeka dan mempertahankan kemerdekaannya. Selain itu, poin untuk “ memajukan kepentingan bersama” sangat penting. Poin itu menjadi dukungan bagi negara – negara di kawasan Asia – Afrika untuk membangun negaranya. Khususnya setelah merdeka.

Dalam artikel yang telah saya baca ada beberapa poin hal penting bagi negara di kawasan Asia Afrika, yaitu :

  • Merupakan pendorong kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika

  • Menjadi pendorong lahirnya Gerakan Nonblok.

  • Terciptanya persatuan dan solidaritas untuk bangkitannya negara di kawasan Asia-Afrika

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk Materi Pelajaran kelas 12 MIPA ada di : https://kirius.bitrix24.site/
Subcribe Channel : Kirius
Follow Instagram : @Kirius_sirius 
Please write your comments